Upgrade Sistem Pengereman

shares |

Tips Upgrade Rem Motor



1. Kalau remnya hanya sedikit mengalami masalah dan masih bisa digunakan maka anda cukup mengganti master rem pakai merk atfer market. Dipasaran ada Brembo untuk merek branded yang mempunyai harga cukup tinggi hingga merek KTC dan KRS yang mempunyai harga bervariasi. Harganya berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 4,5 jutaan.

Master rem aftermarket umumnya mempunyai kemampuan yang cukup besar dan empuk ketika ditarik, selain itu ada juga fitur pengaturan jarak handel supaya lebih mudah difungsikan, sekedar info kalau peraturan balap resmi mewajibkan motor balap untuk mengganti selang rem dengan bahan steel.

2. Ditahap kedua ada penambahan pada cakram lebar dan juga kampas rem racing yang pastinya mempunyai kemampuan yang lebih baik dan lebih pakem, tampilannya pun juga lebih keren dibanding varian standar dari pabrik.

3. Ditahap terakhir ini ada penambahan kaliper rem aftermarket dan juga minyak rem. Untuk digunakan harian cukup memakai kaliper dengan dua atau empat piston yang bergerak kanan-kiri, bukan salah satu sisi seperti kaliper rem bawaan motor pada umumnya.




Dengan begitu kemampuan tekan cakram makin kuat dan merata pada semua sisi. Karena kemampuan rem lebih baik dan menghasilkan panas yang lebih banyak maka disarankan untuk menggunakan minyak rem minimal DOT 4 atau bahkan DOT 5 karena jika menggunakan di bawah batas tersebut maka rem tidak tahan panas, akibatnya rem seperti kemasukan angin karena minyak rem berbuih. Efeknya rem tidak berfungsi dan semua komponen yang terpasang menjadi tidak ada gunanya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar